Berbagi Informasi Tentang Kehamilan, Perkembangan Janin, Kesehatan Bayi dan Tumbuh Kembang Buah Hati​

Saran untuk Bunda Mengatasi Sembelit pada Baby

Para bunda tidak perlu khawatir, ketika si buah hati sembelit atau susah buang air besar. Sembelit bisa terjadi kapan saja pada anak. Sembelit pada anak biasanya terjadi di usia 1-3 tahun. Sembelit pun menjadi persoalan yang wajar karena pada fase tersebut buah hati sedang melakukan toilet training atau latihan pup di toilet

Mengatasi sembelit untuk bayi bunda

1. Air atau Jus Buah

Beri bayi sedikit air atau jus apel atau pir setiap hari selain pemberian makanan biasa. Jus ini mengandung sorbitol, pemanis yang berfungsi seperti pencahar. Beri sekitar 60 hingga 120 mililiter jus.

2. Makanan Bayi

Jika bayi mengonsumsi makanan padat, cobalah bubur kacang polong, yang mengandung lebih banyak serat daripada buah dan sayuran lainnya. Atau anda bisa memberinya gandum utuh, gandum atau sereal multigrain, yang mengandung lebih banyak serat daripada sereal beras.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi Sembelit pada anak

1. Obat Pelunak Tinja

Cara mengatasi sembelit pada anak yang satu ini tergolong aman, tetapi harus digunakan di bawah pengawasan dokter anak. Kesalahan umum orang tua yang menggunakan pelunak tinja untuk sembelit adalah tidak menggunakan dosis yang cukup banyak, atau menghentikannya terlalu cepat.

Misalnya, orang tua mungkin berpikir dapat menghentikan memberikan pelunak feses setelah buang air besar pertama kali tampak normal, akan tetapi berhenti yang terlalu cepat ternyata dapat menyebabkan masalah lain pada anak.

Beberapa anak mungkin perlu untuk tetap menggunakan pelunak feses selama beberapa minggu. Dokter dapat menyarankan tentang jadwal pemberian dosis yang tepat untuk anak.

2. Perbanyak Serat dan Cairan

Banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, sereal berserat tinggi, roti gandum (minimal 3 sampai 5 gram serat per porsi), dan berbagai kacang-kacangan. Selain itu, makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan yang baik.

Perlu dicatat, jika anak banyak makan makanan kaya serat tetapi tidak mendapatkan cukup cairan, Anda dapat membuat masalah lebih buruk. Anak harus minum banyak air sepanjang hari, bersama dengan beberapa gelas susu, dan batasi minuman manis.

3. Waktu ke Toilet yang Teratur

Ingatkan anak untuk ke toilet di pagi hari dan setelah makan untuk BAB. Terutama untuk anak yang lebih kecil, beri perintah secara lembut dan jangan memaksa atau meminta.

4. Pijat

Pijatlah perut anak dengan lembut untuk mengendurkan otot-otot yang mendukung kandung kemih dan usus, yang membantu meningkatkan aktivitas usus.Tetapi pemijatan dilakukan dengan hati-hati dan harus dikerjakan oleh orang yang benar-benar ahli dibidangnya.

5. Akupunktur

Cara mengatasi sembelit pada anak yang alami ini menggunakan jarum-jarum halus ke berbagai bagian tubuh anak. Terapi ini dapat membantu jika anak mengalami sakit perut terkait sembelit.
Cara Mengobati sembelit pada Bayi

Kalau masih sembelit juga bunda bisa konsultasi ke dokter. Semoga anak-anak kita tumbuh sehat dan cerdas.

Share Point Kebaikan Sosial Media​
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

© 2020 carabunda | All rights Reserved​