Berbagi Informasi Tentang Kehamilan, Perkembangan Janin, Kesehatan Bayi dan Tumbuh Kembang Buah Hati​

MPASI Untuk Buah Hati Yang Sehat

Bunda harus rahu MPASI berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan dan memenuhi kebutuhan gizi bayi yang diperkenalkan pada usia enam bulan dan dilakukan secara bertahap. Jenis sayur-sayuran dan buah tumbuk sangat cocok diberikan pada bayi di awal usia enam bulannya. Hindari penggunaan garam, gula, madu atau pemanis lainnya secara berlebihan. Setelah bayi bisa menerima makanan pertamanya, tingkatkan menu makanan dengan memberikan kacang-kacangan atau daging tumbuk.

Sarapan Buah Hati

Bunda bisa coba gunakan pisang sebagai bahannya. Cukup siapkan satu buah pisang dan ASI atau susu formula secukupnya. Tumbuk halus buah pisang menggunakan sendok teh. Lalu campur dengan ASI atau susu formula yang telah disediakan. Aduk rata dan makanan siap disajikan.

Bunda juga bisa menggunakan wortel dan kentang sebagai menu sarapan buah hati. Kukus wortel dan kentang sampai empuk. Setelah matang, tumbuk halus kedua bahan tersebut. Lalu campurkan dengan ASI atau susu formula dan seledri.

Makan Siang Buah Hati

Bubur susu menjadi menu yang cocok untuk buah hati. Mama bisa gunakan beras merah yang mengandung lebih banyak nutrisi untuk pemenuhan energi bayi. Lebih praktis gunakan saja tepung beras merah yang siap pakai. Larutkan dua sendok tepung beras merah di dalam air dan rebus. Kemudian tambahkan ASI atau susu formula ketika tepung beras merah sudah mulai dingin dan aduk hingga merata

Alternative makan siang untuk buah hati dengan bubur jagung dan labu. Masak terlebih dahulu beras yang sudah disiapkan hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan jagung dan labu kuning ke dalam adonan bubur dan aduk kembali hingga matang. Jangan lupa bubur yang sudah matang sebelum disajikan untuk buah hati.

Makan Malam Buah Hati

Untuk makan malam nasi tim ikan tuna bisa menjadi pilihan mama. Tidak perlu repot, cukup asak nasi terlebih dahulu hingga setengah lembek, lalu masukkan ikan tuna, bawang bombai dan jahe yang sudah dicincang. Kemudian aduk hingga menjadi bubur ikan. Lalu masukkan seledri secukupnya dan tunggu hingga mengental.


Brokoli juga bisa menjadi alternatif makan malam. Siapkan setengah potong kentang, tiga tangkai brokoli, suwiran ayam dan kaldu ikan. Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian kukus bersama brokoli selama kurang lebih 10 menit. Angkat kentang dan brokoli kukus, lalu tambahkan kaldu ikan dan ayam. Blender semua bahan hingga halus, dan pindahkan ke mangkuk.

Semoga sehat selalu buah hatinya ” Bunda Tahu Yang Terbaik “

Share Point Kebaikan Sosial Media​
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp