Berbagi Informasi Tentang Kehamilan, Perkembangan Janin, Kesehatan Bayi dan Tumbuh Kembang Buah Hati​

Ajari Buah Hati Arti Kemerdekaan Indonesia

Masa tumbuh kembang buah hati adalah waktu yang tepat untuk mengajarinya arti kemerdekaan yang sebenarnya. Makna kemerdekaan dan perjuangan diajarkan kepada buah hati agar mereka semakin terpacu untuk mencintai Tanah Air, Indonesia. Jangan biarkan sikap positif tersebut luntur gara-gara kemajuan zaman yang semakin pesat. Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan, yang harus di perhatikan adalah menyesuaikan dengan kondisi buah hati bunda. Berikut adalah tips yang bisa bunda terapkan:

Ajak buah hati pasang bendera Merah Putih

Ketika bunda ingin menyemarakkan hari Kemerdekaan dengan memasang bendera Merah Putih di rumah, libatkan buah hati bunda juga. Ini penting agar buah hati bunda makin paham dan bisa menghargai bendera Merah Putih sebagai lambang negara Indonesia.

Menyanyikan lagu kebangsaan

Ajari buah hati bunda untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang biasanya mereka nyanyikan saat upacara sekolah, atau lagu-lagu nasional seperti Maju Tak Gentar, Hari Merdeka, Ibu Kita Kartini, dan lain sebagainya. Untuk funners yang bisa bermain musik, bantulah mereka dengan iringan musik yang sesuai. Jika tidak, itu bukan masalah, bunda masih bisa bernyanyi bersama si Kecil.

Dorong buah hati untuk ikut upacara

Mungkin perlu kesabaran ekstra ketika mendorong buah hati untuk mengikuti kegiatan upacara Kemerdekaan, baik yang berlangsung di sekolah atau di lingkungan rumah. Tapi tak ada salahnya dengan hal itu. bunda bisa menjelaskan setiap makna di balik setiap prosesi upacara ketika si Kecil sudah selesai mengikuti upacara tersebut.

Ikut berpartisipasi dalam perlombaa 17an

Ajak buah hati untuk ikut berpastisipasi dalam mengikuti lomba-lomba yang biasanya diadakan di acara Agustusan, seperti lomba makan kerupuk, memindahkan bendera, dan lain-lain. Selain menyenangkan, ternyata dengan mengikutsertakan buah hati dalam mengikuti perlombaan bisa membangun rasa percaya dirinya dan mengajarkan buah hati tentang sportifitas

Mendidik buah hati untuk menghargai perbedaan

Sejak dini, buah hati harus belajar untuk menghargai perbedaan terutama dalam kaitannya dengan sikap nasionalisme dan anti rasisme. Perlu ditekankan pada buah hati bahwa setiap manusia itu unik ciptaan Tuhan, dengan bermacam-macam warna kulit, latar belakang budaya, suku, agama dan bahasa yang berbeda. Seperti semboyan negara kita “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu, buah hati Indonesia harus menghargai dan menghormati perbedaan bukannya menghina atau mengucilkan buah hati lain dengan etnis, agama atau latar belakang yang berbeda. Sikap ini harus ditanamkan pada buah hati dimulai dari keluarga. Ajak buah hati bermain dengan teman sebaya yang berbeda suku, agama dan latar belakang bisa membuatnya sadar bahwa di tengah perbedaan, setiap manusia adalah sama.

Share Point Kebaikan Sosial Media​
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

© 2020 carabunda | All rights Reserved​