Apr 15

Relaksasi “Kedamaian” Sebelum Tidur

Relaksasi kedamaian sebelum tidurTidur adalah jeda. Jeda bagi tubuh, bagi pikiran dan jiwa. Walau memang kadang ketika tidur pikiran tak selalu ikut beristirahat karena beberapa faktor. Namun, tidur adalah jeda dan anugrahNya, yang memberikan kesempatan tubuh kita untuk rileks dan mengembalikan tenaganya setelah seharian berpeluh keringat dan kerja memeras otak. Dan waktu jeda ini bisa kita manfaatkan untuk kesehatan dan kedamaian hati dan pikiran kita.

Lalu, bagaimana kita bisa memanfaatkan saat-saat sebelum tidur untuk mencapai kondisi yang damai, tenang, dan nyaman?

 

Berikut ini Langkah-langkah relaksasi mencapai kedamaian yang bisa kita manfaatkan sebelum tidur (ala carabunda.com)

 

  1. Untuk yang muslim bisa berwudhu dulu. Mengapa berwudhu? pertama, karena niat mensucikan diri,  sunah Rasul,  dan juga bermanfaat bagi mempermudah relaksasi. Sebab aliran air akan membantu syaraf-syaraf tubuh menjadi rileks dikarenakan peredaran darah terbuka menjadi lancar serta adanya sentuhan-sentuhan/tekanan/pijatan saat tangan membasuh bagian-bagian anggota tubuh dengan air.
  2. Matikan lampu. Cahaya terang dalam ruangan saat malam hari membuat hormon kortisol/ hormon stress terpicu, akibatnya bisa susah tidur, atau tidur tidak berkualitas. Sehingga kondisi rileks lebih susah. Jadi, matikan lampu ya…Selain lebih rileks dan baik bagi kesehatan, jadi hemat energi juga kan.. :)
  3. Sadari nafas..nikmati nafas yang masih berhembus..lalu berdoalah menurut keyakinan masing-masing..
  4. Sesaat sebelum terlelap, tersenyumlah, ingat kebaikan dan nikmat-nikmatNya satu hari ini. Lalu bersyukurlah…”Terima kasih ya Allah, atas rizki dan kasihsayangMu hari ini…terima kasih..terima kasih..terima kasih”
  5. Ucapkan juga terima kasih pada diri sendiri , pada anggota tubuh… kita bisa meringkasnya dengan kalimat sakti berikut ini “i’m sorry-please forgive me- thank you..i love you”
  6. Dan tidurlah dengan penuh kedamaian dan berkualitas. Damaikan raga Anda, damaikan pikiran dan jiwa Anda…
  7. Selamat beristirahat dan menjemput kedamaian dalam  tidur kita… :)

Oke..selamat mencoba tips terapi sederhana dalam mencapai kedamaian sebelum tidur.

Ingin tahu cara mengendalikan dan mendamaikan pikiran? Klik : Ini Ceritaku Cara Mengendalikan dan Mendamaikan Pikiran Liar







Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/carabund/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1044