Apr 10

Rahasia Sukses Belajar dengan Pikiran Bawah Sadar

Saya ambilkan postingan ini dari note fb saya berjudul Rahasia Sukses Belajar. dengan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

creative-genius-mindset-mind-mapTeruntuk Adik2ku tercinta yang bentar lagi UN dan bagi semua pembelajar dimanapun termasuk untuk diri saya

ingin belajar apapun dengan mudah?

mau mengerjakan soal apapun ketika ujian nasioanl dengan lancar?

Ingin mendapatkan hasil yang terbaik?

Oke, Sip..!

Adikku.. Ketahuilah, belajar apapun sangatlah mudah, ya MUDAH.

Masa???

untuk belajar dengan mudah

pertama, kita butuh memahami mengapa kita  harus belajar, apa untungnya jika bisa dan paham,dan  apa ruginya jika aku tidak bisa..sudahkah kita pikirkan hal itu?

kedua, kita butuh menyenangi dan menikmati proses belajarnya

Seperti halnya ada anak yang sangat gemar main game online, dia sangat mudah bermain bisa berlama-lama hingga lupa waktu, mengapa? karena dia senang, dia menikmati, enjoy, sehingga apapun tantangan didalamnya membuatnya semakin BERSEMANGAT untuk menyelesaikan semua tantangan. Demikian juga denganmu, belajar matematika, fisika, kimia, ips, dan lainnya.. semakin mudah, faham, dan menyenangkan:)

nikmatilah, senangilah, maka seluruh kecerdasan yang ada dalam dirimu PASTI akan TEROPTIMALKAN!

Lalu kenapa tidak sedikit siswa yang sudah belajar mati-matian hasilnya kadang tidak memuaskan?bahkan gemetaran melihat soal?

Kembali lagi ke atas, menikmati, menyukai sesuatu akan mendorong otak kita bisa bekerja dengan baik. Karena rasa gugup, khawatir berlebihan, takut, itulah yang menghambat semua ilmu yang sudah masuk. Adik tahu selang air kan? kita belajar ibarat kran air dibuka, ketika sedang ingin mengaplikasikan seperti ketika ujian, praktek, dll kemudian air (ilmu) ini mengalir, akan tetapi apa jadinya jika selang itu terinjak dan mampet? air tentunya tak akan mengalir ke tujuan bukan? Makanya bisa muncul Blank, lupa, gak bisa.

Nah, itulah gambaran sederhana, apa yang bisa menghambat aliran ilmu? kita sebut saja sebagai BLOCK ya..atau mental block. kayak apa tuh?? contoh mental block bisa berupa perasaan tidak bisa, khawatir, rendah diri, trauma, perasaan bersalah, dsb

mental-mental block tersebutlah yang membuat rasa malas akhirnya belajar dengan tidak semangat, enggan belajar, ataupun belajar terpaksa, belajar tapi dengan perasaan takut.

Jadi jika kran sudah dibuka, tapi hambatan belum kita atasi dan lepaskan, apa yang terjadi???

Oke, saya percaya adik sudah sangat mempersiapkan diri belajar dengan baik dan tentunya semangat untuk mendapatkan yang terbaik…

Baiklah, sekarang, lakukan langkah2 berikut ini:

1.Hilangkan dulu mental block dalam belajar

Jika ada pikiran atau prasangka, seperti malas, merasa tidak mudah, gugup, takut, atau merasa tidak mampu, itu namanya mental block yang HARUS DIHILANGKAN DULU.

Rileks, sadari nafas, tarik nafas buang nafas perlahan santai rileks…

Sugesti jika ada perasaan malas

Walaupun saya merasa malas belajar (…), saya menerima perasaan itu, saya menerima diri saya, saya mencintai diri saya…dan saya izinkan melepas buang rasa malas itu, sekarang.

Tarik nafas, dan ketika menghembuskan bayangkan dan rasakan hal apapun itu yang menghambat dibuang..dilepas….

Begitu juga untuk hal yang lain, misal untuk perasaan tidak mudah belajar:

Walaupun saya merasa belajar (….) tidak mudah, tidak mampu, saya menerima perasaan itu, saya menerima diri saya, dan saya ingin buang rasa itu, sekarang.

ulangi beberapa kali…

2. Membersihkan emosi/energi/memori negatif BERDAMAI dengan diri sendiri

untuk bisa mendapat hasil yang baik dalam hal apapun, kita perlu berdamai dengan diri sendiri, ibaratnya kita ingin otak kita bisa seperti google, ketika kita masukan kata pencarian langsung keluar apapun yang diinginkan. Nah makanya kita sangat butuh berdamai dengan diri sendiri, karena apa? bisa jadi secara tak sadar kita pernah merendah-rendahkan diri sendiri, membodoh-bodohi diri sendiri, mencela diri sendiri, tidak menerima diri sendiri, dsb

Bagaimana caranya?

untuk yang muslim bisa istighfar dulu beberapa kali sampai merasa rileks, khusu’,

lalu ucapkan syukur kepada Allah

Sugesti: wahai diriku, maafkan aku…… (jeda…rileks…sadari…hayati..), aku menyesal…maafkan aku..

terima kasih…terima kasih….terima kasih…..aku menyayangimu…aku menerimamu…aku mencintaimu…

ulangi 1-3 menit

bisa juga disapa bagian yang lain seperti wahai otakku, pikiranku, jantungku, dsb.

2. Siapkan diri belajar (ringkasan, mind map, soal2)

3. Berdoa dan bersyukur (di awal-tengah-akhir)Â

Ya Tuhan, mudahkanlah saya belajar (sebutkan mata pelajarannya) dengan

mudah dan lancar. atau

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Cahaya, Maha Pengasih  lagi Maha Memudahkan…Terima kasih..Engkau semakin memudahkan urusan saya (dalam belajar dan mengerjakan soal)…terima kasih ya Allah…terima kasih… :)

 

4. Sebarkan vibrasi perasaan SENANG, HAPPY, ENJOY ketika belajar

Otak akan mengenali keanehan apabila ada orang yang belajar pengen dapet nilai 100 tapi ketika belajar sambil marah-marah, gak pede, takut, sebel, dan emosi negatif lainnya yang menunjukkan ketidaknyamanan. Sehingga ia akan malas juga memberikan yang terbaik…ya gak?

Jadi, seperti di awal…ENJOY dan HAPPY adalah salah satu kunci KEBERHASILAN BELAJAR.

belum enjoy? nah lho, pasti ada mental block dan belum berdamai dengan diri sendiri. yuuk kembali ke langkah 1.

Dan ingat,KURANGI MENGELUH. Jika ada teman yang mengeluh lalu kita ikutan mengeluh maka makin besarlah energi mengeluh, energi negatif , energi yang akan menghambat dan mempersulit diri sendiri.So..kurangi mengeluh, PERBANYAK ISTIGHFAR dan SYUKUR.

trus gimana tadi ada teman mengeluh tentang belajar ini sulit itu gak bisa, kita doakan dalam hati, smoga dia dipermudah Allah bisa belajar dengan mudah, senang dan diberikan hasil terbaik.

Ketika kita mendoakan orang lain, doa itu akan balik lagi kepada kita sendiri :)

5. Ketika sudah selesai belajar,BERSYUKUR, sambil TERSENYUM.

Alhamdulillah, saya semakin mudah dalam belajar (….).

6.TAWAKAL..Pasrahkan secara total kepada Allah… jadi gak ada beban, yang penting saya sudah belajar dengan senang, dengan baik, sudah minta doa restu orang tua, so urusan hasil kita serahkan padaNya.. :)

 

SELAMAT DATANG WAHAI PEMENANG ! ^_^

semoga catatan Rahasia Sukses Belajar ini bermanfaat

Let’s Share n Be Happy :)

By Upika Bintang TerangÂ

((((…im sorry..))))

((((…please forgive me…))))

((((…thank you.. ))))

((((…i love you all…))))







Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/carabund/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1044