Nov 13

Jus Herbal dan Lalapan dari Daun Beluntas

jus herbal lalapn dari daun beluntas

Tahu kah Anda Tanaman beluntas??? Hmm, apakah kata itu masih asing di telinga Anda? Ya, tak mengapa. Memang tanaman beluntas belumlah sepopuler tanaman kemangi atau tanaman lalapan sejenisnya. Ow jadi ini bisa buat lalapan?

Ya. Baiklah, kita kenalan dulu ya sama tanaman sehat satu ini. Tanaman beluntas yang dikenal di berbagai daerah dengan sebutan beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phatpai (Vietnam), atau Marsh fleabane (Inggris) merupakan tanaman semak yang memiliki ruas cabang yang banyak dan ada sedikit serabut bulu lembut pada batangnya. Bentuk tanaman dan daunnya seperti di foto di bawah ini. Daunnya seperti telur melancip di ujungnya yang sisi-sinya bergerigi.

daun beluntas untuk lalapan dan jus herbaltanaman beluntas untuk lalap dan jus herbal

Foto tersebut saya ambil dari halaman depan rumah saya. Cara menanamnya sangat mudah, tinggal clep dan leb! hehe. Tancapkan batangnya ke dalam tanah lalu rawat dengan menyirami secara rutin hingga nanti akhirnya akan muncul batang-batang di sekeliling batang utama. Kata ibu saya, agar daunnya lemes atau enak untuk dikonsumsi sering-seringlah daun mudanya dipetik. Bila ingin rimbun rajinlah untuk memangkas beberapa batangnya. Simpel kan..cepat kok untuk membuat tanaman ini berdaun lebat.

Nah, lalu Manfaatnya apa sih?

Umumnya tanaman beluntas dimanfaatkan utamanya pada bagian daunnya. Daun beluntas atau Plucheacea folium dalam bahasa latinnya memiliki khasiat menjaga kesehatan pencernaan kita. Bisa juga untuk menambah nafsu makan Anda atau anak Anda. Selain itu, daun beluntas bermanfaat sebagai cara menghilangkan bau badan dan bau mulut, bahkan dipercaya dapat mengatasi masalah kewanitaan yakni keputihan.Bukan hanya itu, ternyata ada lagi, daun ini bisa untuk meredakan demam.

Selama ini pemanfaatan daun beluntas dalam keluarga kami dengan cara dibuat jadi lalapan. Caranya ambil daun yang masih muda, lalu cuci bersih dengan air mengalir, tiriskan, dan sajikan dengan sambel kesukaan Anda. Nasi hangat, lalapan daun beluntas dan sambal terasi atau sambal bawang, ditambah lauk sederhana seperti tempe tahu goreng, beuuh..nikmatnyaa! Sehat, murah, dan nikmat!

Bukan hanya sebagai lalapan lho, kita juga bisa memvariasikan cara nikmat mengkonsumsi tanaman sehat ini. Yakni, dengan cara di-jus!

cara membuat jus herbal daun beluntasCara membuat Jus Herbal Daun Beluntas ala CaraBunda

  • Cuci bersih daun beluntas muda dengan air mengalir
  • Tiriskan airnya
  • Masukkan ke dalam blender 50 lembar daun beluntas atau kira-kira satu genggam tangan orang dewasa
  • Tambahkan air 1 gelas
  • Tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis
  • Beri gula 1-2 sdm, sesuai selera, atau untuk lebih nikmat bisa diganti dengan madu 2-3 sdm
  • Blender
  • Tuang ke dalam gelas
  • Siap untuk dinikmati khasiat jus daun beluntas sebagai jus herbal kesehatan keluarga Anda!

Selain daun beluntas sebagai lalapan dan jus herbal, saya penasaran untuk memasaknya seperti sayur bening bayam atau menumisnya. Hhmm..bakal seperti apa ya rasanya ;)

Oke, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! :)

Nah, di sini Anda bisa menemukan ide untuk membuat –> klik Santap Sore yang Sehat dengan Salad Buah Naga

 

 

 







Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/carabund/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1044